Connect with us

Modal Utama Dalam Memulai Bisnis Ternak Ayam

Tips Ayam

Modal Utama Dalam Memulai Bisnis Ternak Ayam

Modal Utama Dalam Memulai Bisnis Ternak Ayam

Mungkin beberapa pembaca telah mengerti modal apa yang butuh disiapkan sebelum mengawali usaha budidaya ayam kampung petelur. Yang terutama ialah uang, yang merupakan alat untuk beli keperluan untuk membuat kandang serta perlengkapan lain yang di perlukan dalam menernak ayam.

Beberapa hal yang diperlukan dalam memulai dari kandang untuk di pakai ternak ayam petelur mulai dari anakan sampai ayam bisa dapat bertelur di antara lainnya seperti dibawah.

Kandang Layer Baterai

Kandang layer sendiri berperan untuk kandang ayam yang sedang waktu reproduksi. Jenis kandang ini mempunyai lantai yang sedikit miring. Dengan begitu nanti telur akan gampang untuk ke arah ke sisi depan kandang.

Sehingga peternak tidak ribet untuk ambil telur ayam itu. Diluar itu, telur tetap bersih, tidak retak serta pecah karena terinjak oleh sang induk. Untuk ukuran sendiri, satu induk ayam dapat mencapai 40×25 dengan tinggi 35 cm.

Membeli Doc Ayam Petelur

Sesudah kandang siap, langkah berikut adalah beli bibit ayam itu untuk kita besarkan sendiri. Karena bila kita beli langsung dari ayam dewasa, tentu akan rawan hingga tingkat risiko yang tinggi. Maka itu, khusus pemula akan lebih baik bila anda pelihara dari kecil.

Dalam usia 5 bulan saja, bibit ayam petelur itu telah masuk waktu reproduksi asal pakan yang diberikan peternak sesuai dengan keperluan dari ayam itu. Pokoknya anda cukup beri pakan yang banyak mengandung gizi serta protein tinggi supaya ayam cepat besar.

Modal Utama Dalam Memulai Bisnis Ternak Ayam

Membeli Indukan Ayam Petelur Berkualitas

Tidak hanya beli bibit, agar proses pembuahan cepat, mungkin anda bisa langsung bisa beli induk yang sudah berumur optimal 10 sampai 19 minggu. Di umur 19 minggu, ayam biasanya sudah mulai untuk belajar bertelur.

Memang harga dari indukan ayam agak mahal dari anakan, namun bila kita kalkulasikan dengan biaya pakan, serta biaya perawatan anakan ayam, jatuhnya akan sama. Jadi akan lebih menguntungkan bila anda membeli indukan siap jadi agar lebih hemat biaya dan waktu.

Akan menjadi sebuah keuntungan bila anda adalah seorang awam dalam ternak ayam, membeli indukan siap jadi. Dikarenakan bila anda belum memiliki pengalaman yang cukup dalam perawatan ayam, tentu akan menyulitkan anda dalam memelihara ayam bahkan bisa menjadi kerugian.

Namun dalam membeli indukan ayam, tentu terdapat beberapa ciri atau kriteria yang perlu anda ketahui agar mendapatkan indukan yang sempurna. berikut ini adalah kriteria yang cocok anda gunakan sebagai syarat dalam membeli ayam indukan.

Kriteria Indukan Petelur Berkualitas Unggul

  • Induk kelihatan gesit, aktif bergerak, tidak cacat serta muka merah cemerlang .
  • Mata induk kelihatan bening bersinar, bundar dan mempunyai tatapan tajam.
  • Mempunyai bentuk tubuh yang bagus serta ideal.
  • Sisi induk ayam kelihatan kuat,kuat serta tidak lunglai.
  • Induk mempunyai berat yang relatif sekitar 1 – 1,7 Kg.
  • Mempunyai warna bulu yang indah, mengkilat di semua badannya.
  • Sisi kulit induk kelihatan fresh, merah serta mengkilat dan mempunyai lemak yang sedikit.

Hal Yang Perlu Di Perhatikan Dalam Ternak Ayam

Hal ini tentu anda perlu perhatikan agar tidak terjadi kerugian yang signitifikan dalam membudidaya ayam. Beli lah indukkan yang belum pernah bertelur sebelumnya serta pastikan indukan tidak melewati umur 17 minggu.

Banyak saya temui peternak awam yang lebih senang beli induk ayam petelur yang telah mulai reproduksi. Namun anda bisa melakukan hal ini, tapi bila sudah tahu ketentuan dan perawatan yang benar agar nanti tidak berefek negatif dengan usaha anda.

Bila anda melakukan hal tersebut, lihat serta ketahuilah, induk ayam petelur yang telah mulai bertelur ada beberapa telur yang masih lunak. Bila anda keliru dalam lakukan perawatan serta pengangkutan, nanti justru menyebabkan rusaknya telur muda yang ada pada induk itu.

Jadi waktu reproduksi dari induk tersebut akan mengalami gangguan yang dapat menyebabkan depresi. Dengan begitu, waktu bertelur ayam tersebut akan turut terusik.

Demikian juga artikel kami, semoga dapat membantu anda ya. Yuk bantu kami dengan berkomentar gan agar artikel lebih baik lagi.. Jangan lupa juga untuk subscribe peduli ayam kami agar tidak ketinggalan artikel terbaru peduliayam.com.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Tips Ayam

Advertisement banner ads ads taruhanslot.club banner pakan ayam banner bv banner agencockfight

Trending

Subs Post Terbaru

Masukkan Email Anda Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Peduliayam!

Bergabung dengan 48 pelanggan lain

To Top