Connect with us

Mengenal Ayam Nunukan Lokal Unik

Info Ayam

Mengenal Ayam Nunukan Lokal Unik

Mengenal Ayam Nunukan Lokal Unik

INFOAYAM - peduliayam

Ayam nunukan salah satu ayam yang berasal dari Kalimantan Timur. Berdasar dari sejarahnya, ayam nunukan dibawa oleh imigran berkebangsaan cina yang kerja di Nunukan serta Tarakan.

Meskipun ayam ini terkenal dengan ayam nunukan tapi di nunukan sendiri tidak berkembang secara baik sebab sejumlah besar imigran itu berada tinggal di pulau tarakan. Oleh karenanya ayam nunukan malah berkembang bagus di pulau tarakan.

Berikut ini kami hadirkan dan jelaskan bagaimana ciri dan kemampuan ayam nunukan ini dalam menghasilkan telur.

Ciri Khas Ayam Nunukan

Mengenal Ayam Nunukan Lokal Unik

Kekhasan ayam nunukan terutamanya terlihat pada ayam jantannya. Ayam nunukan jantan berpenampakan besar, tegap, tapi telihat kurang gagah karena bulu sayap dan ekornya tidak tumbuh sempurna.

Bulu ekornya pendek hingga seperti dipotong. Berbeda dengan yang jantan, bulu sayap dan ekor ayam nunukan betina tumbuh sempurna.

Warna bulunya kuning cukup kecokelatan atau kombinasi dari beberapa warna itu. Warna kulit dan paruh umumnya kuning. Profil betina lebih kecil dari yang jantan. Untuk Ayam nunukan dewasa, betinanya beratnya mencapai sekitar 1,9 kg.

Kemampuan Produksi Telur Ayam Nunukan

Ayam nunukan merupakan jenis ayam dwiguna yakni bisa menjadi ayam petelur serta pedaging. Pada usia 6 bulan beratnya bisa sampai 3,5 kg ( berat hidup ) serta pada usia dewasa beratnya bisa sampai lebih dari 4 kg.

Menurut riset, produksi pertama ayam nunukan pada usia 153 hari sedangkan untuk ayam ras petelur berproduksi pertama pada usia 150 hari. Keseluruhan produksi telur ayam nunukan ialah 182 butir /tahun sedangkan ayam ras sekitar 259 butir.

Mengenal Ayam Nunukan Lokal Unik

Meskipun produksi telurnya lebih rendah dibanding dengan ayam ras, tapi mengonsumsi ayam nunukan lebih rendah, 85 gr/ekor/hari, dibanding dengan ayam ras petelur yakni 118 gr/ekor/hari. Tapi alterasi pakan ayam nunukan tambah tinggi yakni 3,6 dibanding ayam ras petelur yang memiliki alterasi pakan 2,7.

Demikian artikel kami yang membahas tentang ayam dwiguna asal kalimantan dan tentunya merupakan salah satu jenis ayam penghasil telur dan daging di indonesia.

Terima kasih sudah membaca info ayam kali ini, semoga dapat memberikan anda sebuah informasi yang berguna untuk kepentingan para peternak ayam.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Info Ayam

Advertisement banner ads ads taruhanslot.club banner pakan ayam banner bv banner agencockfight

Trending

Subs Post Terbaru

Masukkan Email Anda Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Peduliayam!

Bergabung dengan 48 pelanggan lain

To Top