Connect with us

Tips Mencegah Ayam Mengerami Telurnya

Tips Mencegah Ayam Mengerami Telurnya

Tips Ayam

Tips Mencegah Ayam Mengerami Telurnya

Tips Mencegah Ayam Mengerami Telurnya

Jenis ayam petelur biasanya hanya kita prioritaskan telurnya saja. Tetapi, sering ada pula ayam petelur yang mengeram, dan hal tersebut sudah pasti akan merubah tingkat reproduksi dibanding telur yang dihasilkan.

Perihal yang perlu anda tahu, Kalau lihat induk ayam petelur hanya diam diri di kandang dengan di tandai bulu ayam yang rontok. Ayam terlihat gelisah, mengeluarkan suara seakan bingung dan induk ayam tidak bisa menghasilkan telur.

jika tersebut terjadi pada ayam ternak anda, maka bisa di pastikan ayam anda sedang dalam memulai mengerami telurnya. Bila tidak ditangani segera, maka tentu tingkat produksi ayam dalam menghasilkan telur akan menurun.

Beberapa Langkah Mencegah Ayam Mengerami Telur

Tips Mencegah Ayam Mengerami Telurnya

Dalam artikel ini, saya bakal membahas bagaimana cara mencegah agar ayam tidak dapat mengerami telurnya. Berikut langkahnya, dibaca hingga usai ya gan.

Langkah ampuh dalam mencegah ayam mengerami telurnya adalah dengan mengeluarkan babon ayam dari kandang baterenya. Lalu sirami atau celupkan ayam kedalam baskom untuk tujuan membasahi bulu serta tubuhnya. Anda bisa melakukan hal tersebut 2 kali dalam sehari dalam satu minggu agar ayam hilang naluri untuk mengerami telurnya.

Langkah lainnya yang bisa anda gunakan adalah dengan memindahkan induk ayam ke kandang ayam yang terkena sinar matahari. Cara mudah ini dapat anda gunakan sebagai pencegahan terhadap naluri ayam dalam mengerami telurnya. Kandang ayam yang memiliki kelembapan serta gelap, bisa membangkitkan naluri ayam untuk mengerami telurnya.

Banyak juga saya temukan ayam kampung maupun jenis ayam petelur lain yang telah kita tempatkan dalam sebuah kandang batere, tetap bangkit rasa naluri ingin bertelurnya, hal ini tentu wajar terjadi. Sebab semua hewan yang menghasilkan telur akan selalu memiliki naluri untuk menetaskan telurnya.

Dengan cara diatas kemungkinan besar ayam anda bakal kehilangan hasrat serta naluri alami untuk mengerami telurnya. Dengan demikian, ayam bakal bertelur seperti biasanya serta rutin setiap harinya. Tentu juga anda harus memperhatikan asupan ayam agar mendapatkan bernutrisi serta berprotein tinggi.

Bukan hanya aspek asupan gizi kepada ayam saja yang mempegaruhi keberhasilan anda dalam menernak telur ayam. Tapi kebersihan dalam kandang ayam juga mempengaruhi tingkat produksi telur dari ayam. Kandang ayam yang menggunakan batere, harus diperhatikan kebersihannya dari lalat ataupun tungau.

Demikian artikel kali ini yang ditunjukkan kepada peternak telur ayam, semoga dapat membantu anda..

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Tips Ayam

Advertisement banner ads ads taruhanslot.club banner pakan ayam banner bv banner agencockfight

Trending

Subs Post Terbaru

Masukkan Email Anda Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Peduliayam!

Bergabung dengan 45 pelanggan lain

To Top