Connect with us

Mengobati Paruh Ayam Adu Agar Kembali Sempurna

Mengobati Paruh Ayam Adu Agar Kembali Sempurna

Perawatan Ayam

Mengobati Paruh Ayam Adu Agar Kembali Sempurna

Mengobati Paruh Ayam Adu Agar Kembali Sempurna

Setiap anggota tubuh pada ayam aduan mempunyai fungsi masing – masing dalam jalani suatu pertarungan. Baik itu dalam soal menyerang atau dipakai untuk menahan serangan dari musuh di ring.

Maka itu, untuk memperoleh fisik ayam aduan yang kuat sendiri anda harus memberi beberapa perawatan serta latihan yang benar dan baik. Langkah tersebut sendiri untuk mendukung kualitas bertarung yang dimiliki oleh ayam aduan anda.

Satu diantara sisi fisik ayam yang mempunyai fungsi penting dalam mengeluarkan serangan ayam aduan ialah di bagian paruh sang ayam. Paruh yang berkualitas, adalah paruh yang dapat memberikan dukungan tubuh ayam dalam melakukan pukulan telak pada ayam lawan.

Memberikan perawatan serta latihan yang intensif pada ayam merupakan salah satu kewajiban kita sebagai seorang botoh ayam adu. Bahkan anda harus mengetahui bagaimana cara merawat serta memberikan latihan yang tepat untuk ayam aduan. Dikarenakan banyak botoh yang masih salah dalam memberikan perawatan kepada ayam sehingga terdapat beberapa bagian tubuh ayam mengalami kerusakan. Bahkan saya pernah menemui beberapa botoh ayam yang tidak sengaja membuat paruh ayam patah atau retak.

Mengobati Paruh Ayam Adu Agar Kembali Sempurna

Penyembuhan Paruh Ayam Retak Atau Patah

Langkah pertama yang bisa dikerjakan dengan memoleskan belimbing wuluh di bagian pangkal patuk. Dimana sisi ini terdapat dekat sama jengger atau pial ayam serta bukan sisi ujungnya.  Pemberian belimbing wuluh diakui bisa percepat proses perkembangan paruh yang baru. Ini karena kandungan asam yang tinggi hingga akan merangsang proses perkembangan pada paruh ayam aduan.

Selanjutnya bisa memakai obat anti inflamasi seperti Trombophop atau merk yang lain. Untuk pemberiannya dikerjakan dengan menyeka terlebih dulu paruh ayam dengan air hangat selanjutnya baru diberi obat anti inflamasi itu. Dalam aplikasinya jangan sering tetapi cukup 2 hari sekali saja.

Diluar itu beberapa bobotoh dapat manfaatkan kunir, kapur sirih atau pemberian bawang putih. Berikan pada paruh yang patah pada sore dan pagi hari dengan teratur supaya hasil yang dibuat bisa optimal. Penyembuhan dengan langkah berikut dapat menahan timbulnya beberapa type bakteri yang bisa ada karena terdapatnya sisi cedera yang terbuka.

Baca juga : Mengobati Mata Ayam

Sepanjang perawatan berjalan, sang ayam butuh diberi beberapa konsumsi nutrisi. Dimana pakan yang disebut harus gampang diolah. Mengenai beberapa bobotoh menyarankan pemberian jagung yang sudah di rendam air dingin sepanjang semalaman.
Jagung sendiri dipercayai jadi satu diantara jenis pakan ayam yang mempunyai kandungan kalsium yang tinggi. Hingga akan menolong proses perkembangan pada paruh ayam.

Dalam masa penyembuhannya, anda harus teratur dalam bersihkan paruh ayam. Selanjutnya bisa dioleskan dengan menggunakan putih telur ke paruh ayam. Kerjakan langkah berikut dengan perlahan-lahan serta waspada serta biarlah sepanjang kira-kira 1–2 minggu.
Serta sepanjang perawatan berjalan beberapa bobotoh bisa memberi pakan berbentuk nasi serta pur.

Demikian juga artikel perawatan ayam kali ini dari peduliayam. Semoga bermanfaat gan!

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Perawatan Ayam

Advertisement banner ads ads taruhanslot.club banner pakan ayam banner bv banner agencockfight

Trending

Subs Post Terbaru

Masukkan Email Anda Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Peduliayam!

Bergabung dengan 45 pelanggan lain

To Top