Connect with us

Mari Mengenal Ayam Hias Bekisar

Mari Mengenal Ayam Hias Bekisar

Info Ayam Hias

Mari Mengenal Ayam Hias Bekisar

Mari Mengenal Ayam Hias Bekisar

INFOAYAMHIAS-PEDULIAYAM

Sebagai salah satu penggemar ataupun penghobi ayam hias di indonesia. Pastinya anda ingin mengoleksi segala jenis ayam hias yang tentunya memiliki keunikannya masing – masing. Ayam hias yang cukup unik serta warna bulu yang mencolok hingga menjadi unggas peliharaan yang fantastis. Apakah anda sudah mengenal dengan ayam bekisar ? bila belum, mari kita bahas di artikel info ayam hias!

Ayam Bekisar merupakan ayam hias yang berasal dari hasil silangan antara ayam hutan hijau ( Gallus varius ) atau ayam hutan merah ( Gallus gallus ) jantan dengan ayam kampung/lokal ( Gallus domesticus ) betina. Ayam ini awal mulanya hanya bisa di jumpai di sekitaran wilayah kangean. Kangean adalah sebuah pulau kecil sebelah timur kota madura, termasuk wilayah kab sumenep.

Ayam ini banyak penggemarnya loh gan, dikarenakan ayam bekisar memiliki suara kokokan yang khas merdunya serta juga warna pada bulu yang berwarna indah. Biasanya para penggemar hanya memelihara ayam bekisar jantan saja, dikarenakan untuk bekisar betina tidak memiliki lihai dalam menarik suara serta bulunya yang tidak erotis seperti jantannya.

Mari Mengenal Ayam Hias Bekisar

Ciri Serta Karakter Ayam Bekisar

  • Biasanya alami kemandulan sebab hasil persilangan.
  • Memiliki ukuran lebih kecil dari ayam kampung jantan, tapi semakin besar dari induk jantan.
  • Bulu leher berupa bundar/lonjong pada ujungnya.
  • Seperti sekali dengan fisik dengan ayam bekikuk, tapi kadang pial serta bulu lehernya berlainan.
  • Berat badan rata-rata dibawah 2 kg.

Tahukah anda? bahwa terdapat beberapa jenis ayam bekisar di indonesia loh. Penasaran dengan jenis apa saja sih bekisar ini, serta ada keunikkan apa setiap jenis bekisar hias ini ? berikut penjelasannya gan.

Mari Mengenal Ayam Hias Bekisar

Jenis Ayam Bekisar Di Indonesia

  1. Bekisar Putih Yogya – memiliki ciri berwarna putih di bagian paruh hingga telapak kaki. Tetapi jengger, kuping serta pialnya berwarna kemerahan.
  2. Bekisar Kangean Madura – Hanya memiliki satu warna pada bulunya ( tergantung induk betina ) seperti hitam, putih, kuning, abu-abu, dan merah.
  3. Bekisar Multiwarna Solo – Memiliki bulu yang bervariasi warnanya dan berukuran sedang. Ayam bekisar jenis ini juga memiliki suara yang indah.
  4. Bekisar Hitam Parakan – Berwarna hitam, tinggi, besar, dan tegap. Ciri fisik tersebut didapatkan dari persilangan dengan ayam kedu hitam betina.
  5. Bekisar Merah Solok – Merupakan hasil persilangan dari ayam hutan merah jantan dan ayam betina Yungkilok.

Ayam bekisar mempunyai suara kokok melengking serta benar-benar keras, serta suara kokoknya bisa terdengar sejauh 1 mil. Ayam bekisar umumnya mempunyai suara kokok memiliki irama, lurus, serta panjang. Kokoknya terdiri atas dua sisi, yakni kokok depan serta 8 belakang. Suara depan mempunyai suara rendah, besar, tebal, panjang, serta bersih, sedang kokok belakang mempunyai suara tinggi, tebal, panjang, lurus, serta bersih.

Sebagai unggas ternak hias, ayam bekisar memiliki prospek yang baik untuk ditingkatkan. harga dapat sampai juta-an rupiah. Harga ini akan semakin tinggi bila didukung dengan postur badan yang gagah serta warna bulu yang indah. Serta bisa jadi juara dalam kontes, harga bertambah hingga ratusan juta!

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Info Ayam Hias

Advertisement banner ads ads taruhanslot.club banner pakan ayam banner bv banner agencockfight

Trending

Subs Post Terbaru

Masukkan Email Anda Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Peduliayam!

Bergabung dengan 45 pelanggan lain

To Top