Connect with us

19 Kandungan Jahe Serta Manfaatnya Untuk Ayam Aduan

19 Kandungan Jahe Serta Manfaatnya Untuk Ayam Aduan

Perawatan Ayam

19 Kandungan Jahe Serta Manfaatnya Untuk Ayam Aduan

19 Kandungan Jahe Serta Manfaatnya Untuk Ayam Aduan

Jahe dikenal sebagai salah satu rempah-rempah yang kaya akan manfaat, khususnya untuk mendukung kesehatan badan. Di beberapa golongan masyarakat Indonesia jahe biasa diproses jadi minuman wedang ronde atau STMJ (Susu Telur Madu Jahe). Jahe dapat juga jadikan jadi penambahan bumbu penyedap masakan.

Buat beberapa peternak ayam, jahe memiliki peranan lain khususnya penggemar ayam aduan, biasanya para penggemar ayam menjadikan jahe sebagai jamu atau sebuah ramuan khusus.

Jumlah kandungan zat yang dapat dibuktikan ampuh dalam memperhatikan kesehatan jadi pemicu penting beberapa peternak memberi jahe pada ayamnya.

Kandungan nutrisi yang terdapat pada jahe diakui dapat menjaga tenaga dan kualitas dari ayam aduan. Dibandingkan dengan pemberian asupan yang berbahan kimia seperti obat atau doping, kenyataannya pemberian jahe lebih baik dan tentu saja aman buat ayam. Berikut ini peduliayam berikan info 19 kandungan jahe serta manfaat jahe untuk ayam aduan anda..

Kandungan Nutrisi Pada Jahe

Kandungan Gizi Jumlah
Kalori 80 kcal
Karbohidrat 17,77 gr
Air 78,89 gr
Protein 1,82 gr
Glukosa 1,7 gr
Serat Kasar 1,7 gr
Lemak kasar 0,75 gr
Vitamin A,C, D, E 5 mg
Vitamin B2 ( riboflavin) 3%
Vit. B1 ( Thiamine) 2%
Vit. B3 (Niacin) 5%
Vit B5 (panthothenic) 4%
Vit. B9 (folat) 3%
Kalsium ( Ca ) 2%
Zat besi 5%
Posphor 5%
Kalium 9%
Seng ( zinc ) 4%

Berbagai Manfaat Jahe Untuk Ayam Aduan

19 Kandungan Jahe Serta Manfaatnya Untuk Ayam Aduan

  • Meningkatkan Stamina Ayam Aduan

Biasanya botoh menggunakan jahe untuk dijadikan bahan racikan jamu penambah stamina ayam aduan. Jahe dapat diberikan lewat cara langsung dan dapat juga diberikan dengan kombinasi beberapa bahan yang lain seperti kuning telur, madu, gula merah dan bahan lainnya.

  • Mengurangi Rasa Sakit Pada Ayam

Seringkali ayam aduan alami cedera dalam setelah ayam selesai diadu atau diabar. Dalam hal ini untuk mengobati cedera dalam pada ayam bisa dengan memberikan jahe. Pengobatan ini bisa ditangani dengan dua langkah, yaitu dengan diminumkan pada ayam dan dapat juga dengan dilolohkan pada ayam.

  • Sebagai Obat Anti Peradangan

Bukan sekedar dapat mengobati perasaan sakit pada ayam, jahe juga berguna untuk kurangi pembengkakan pada cedera ayam. Peradangan pada ayam jika dibiatkan bisa demikian berefek, misalnya saja ayam jadi kurang nafsu makan dan seterusnya ayam jadi kurus. Selain itu tanaman jahe berupa anti-inflarmatori sampai cocok untuk obat ayam turun urat.

  • Menyehatkan Pencernaan Ayam

Ekstrak minyak yang ada di jahe dapat sehatkan pola pencernaan ayam sampai lepas dari permasalahan bakteri jahat. Ayam yang pencernaannya tidak sehat bisa dilihat dari gejalanya, contohnya kurang nafsu makan dan diindikasi penyakit yang lain.

  • Turunkan Berat Badan Ayam

Ayam yang gemuk memang bagus, tetapi kegemukan pada ayam aduan jurstu dapat berpengaruh negatif. Oleh karenanya anda bisa mengatasi kegemukan pada ayam dengan memberikan jahe secara teratur. Tentu saja ayam yang memiliki tubuh baik makin lebih baik waktu berlaga.

  • Membantu Tingkatkan Produktivitas Ayam

Jahe mempunyai kandungan anti-oksidan dan memiliki androgenik. Dalam beberapa analisa tim ahli gizi di jawa barat, diketahui bila jahe dapat naikkan banyaknya hormon testosteron sampai dapat membantu meningkatkan produktivitas unggas, terutama ayam aduan.

19 Kandungan Jahe Serta Manfaatnya Untuk Ayam Aduan

Tips Pemberian Jahe Yang Benar Kepada Ayam Aduan

Agar mendapatkan khasiat yang lebih dari penggunaan jahe ini. Kita harus memperhatikan cara pemberian dan cara pengelolaan nya gan. Berikut ini adalah ramuan jahe kepada ayam untuk ayam aduan kesayangan anda. Selamat mencoba gan!

Langkah membuat ramuan jahe untuk ayam tidaklah begitu susah, anda dapat membuat murni cuma memakai jahe saja atau mencampurkannya dengan beberapa bahan herbal alami yang lain seperti Madu, Jumpa Ireng, Kuning Telur, Gula Merah atau yang lain.

Anda hanya perlu menggunakan air putih saja lalu dimasukkan jahe serta kombinasi yang kamu kehendaki, rebus sampai mendidih sepanjang 10 – 15 menit agar meresap. Selanjutnya tiriskan agar dingin, jamu itu telah langsung bisa diberi pada ayam kesayangan anda.

Demikian juga artikel perawatan ayam kali ini dari peduliayam.com.. Terima kasih sudah membaca gan.. Semoga dapat membantu yah : )

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Perawatan Ayam

Advertisement banner ads ads taruhanslot.club banner pakan ayam banner bv banner agencockfight

Trending

Subs Post Terbaru

Masukkan Email Anda Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Peduliayam!

Bergabung dengan 49 pelanggan lain

To Top