Connect with us

Kelebihan Ternak Ayam Petelur Tanpa Kandang Serta Kerugiannya

Kelebihan Ternak Ayam Petelur Tanpa Kandang Serta Kerugiannya

Info Ayam

Kelebihan Ternak Ayam Petelur Tanpa Kandang Serta Kerugiannya

Kelebihan Ternak Ayam Petelur Tanpa Kandang Serta Kerugiannya

INFOAYAM - peduliayam

Ayam petelur biasanya di ternak untuk diambil telur nya. Tetapi ada juga ayam petelur yang dagingnya dapat dikonsumsi sesudah ayam diafkirkan. Sama persis dengan ayam pedaging bila beternak ayam petelur ini lebih susah dibanding dengan ayam kampung atau ayam buras. Dari sisi makanan, kandang, dan lain-lain diperlukan perhatian dan perawatan tambahan agar angka kematian ayam tidak tinggi.

Hingga kini banyak warga hanya mengetahui bahwa beternak ayam, baik itu broiler atau petelur cuma di kandang. Tetapi nyatanya ada satu diantara tehnik yang dapat dikerjakan oleh peternak dalam budidaya ayam ini yakni dengan memakai pola umbaran. Skema umbaran merupakan salah satu teknik`peternak yang membiarkan ayam bergerak bebas tanpa ada kandang hingga tidak terdapat ongkos dalam membangun kandang. Di bawah ini ialah beberapa kelebihan dalam membudidaya ayam petelur tanpa kandang yang dapat dipelajari.

5 Kelebihan Ternak Ayam Tanpa Kandang

Kelebihan Ternak Ayam Petelur Tanpa Kandang Serta Kerugiannya

  • Daging Serta Telur Lebih Sehat

    Dengan ternak ayam petelur tanpa ada kandang ini dapat membuahkan daging serta telur yang tambah lebih sehat. Hal tersebut karena ayam petelur itu masih mempunyai karakter alami yang mana terlepas berbahan pengawet dan lain-lain. Memang peternak masih memberi pakan tetapi banyaknya tidak sekitar dengan ayam yang di kurung di kandang. Sedang bila ayam petelur itu waktu di afkirkan serta dagingnya dapat dikonsumsi maka tambah lebih berisi bila dibanding dengan yang terus ada di kandang.

Baca juga : Beberapa Jenis Ras Ayam Produktif Cocok Untuk Diternak

  • Ayam Petelur Lebih Gesit

    Ayam yang di umbar dengan ayam yang dibiarkan terus-terusan di kandang akan berlainan dalam sisi kegesitannya. Ayam petelur yang di umbar semakin lebih gesit dibanding dengan yang di kandang sebab mereka tidak kehilangan karakter alami mereka yakni mengais tanah untuk cari pakan dan lain-lain. Sedang ayam yang di kandang mereka telah terlatih menginginkan pertolongan dari tangan manusia.

  • Membantu Kesuburan Tanah Sekitaran

    Karakter alami ayam ialah menceker serta mengais tanah untuk memperoleh pakan. Dengan menceker serta mengais tanah itu ayam bisa membantu dalam menyuburkan tanah serta kotorannya dapat dipakai jadi pupuk penyubur tanah. Sampai kini kotoran ayam banyak digunakan jadi pupuk kandang sebab sudah terbukti dapat digunakan sebagai salah satu bahan dalam hal penyubur tanah.

  • Menghemat Uang Pakan Ayam

    Ternak ayam petelur ini memang sejumlah besar pengeluaran untuk pembelian pakan sebab tanpa ada pakan yang ideal produktivitasnya jadi mengalami penurunan. Tetapi dengan beternak ayam petelur dengan skema umbaran ini akan menghemat ongkos pengeluaran untuk pembelian pakan. Ayam yang diternakkan secara umbaran akan lebih gampang temukan pakan mereka sendiri lewat cara mengais tanah menggunakan ceker mereka.

  • Anti Serangga

    Ayam dapat mengonsumsi beberapa jenis serangga yang berkeliaran. Bila rumah banyak serangga karena itu ayam ini dapat menimalisir keberadaannya. Hal tersebut karena ayam senang tangkap serta mengonsumsi beberapa jenis serangga.

Kerugian Ternak Ayam Petelur Tanpa Kandang

Kelebihan Ternak Ayam Petelur Tanpa Kandang Serta Kerugiannya

Ada kelebihan pasti ada juga kekurangannya. Bagian kerugian menguasai yang dapat dirasa oleh peternak ialah penyakit yang dikarenakan oleh cuaca yang tidak menentu seperti sekarang. Saat cuaca tidak menentu akan mengakibatkan ayam mempunyai ketahanan badan yang rendah.

Ditambah lagi bila ayam sudah terserang penyakit karena itu penyebarannya akan gampang sekali berlangsung. Diluar itu ayam gampang mengakibatkan kerusakan tanaman, hingga dalam ruang umbaran itu yakinkan bila tidak ada tanaman yang berada di lokasi umbaran tersebut.

Teknik umbaran atau tanpa ada kandang ini memang mempunyai kelebihan dan kerugiannya, begitupun dengan yang memakai kandang. Oleh karenanya sebelum menekuni ternak ayam petelur tanpa ada kandang semestinya yakinkan dahulu buruk serta baiknya, untung serta kerugiannya agar tidak ada kerugian material yang signitifikan.

itulah sedikit penjelasan kelebihan serta kerugian ternak ayam petelur tanpa kandang menurut peduli ayam. Terima kasih sudah membaca artikel info ayam kali ini!

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Info Ayam

Advertisement banner ads ads taruhanslot.net banner pakan ayam banner bv banner agencockfight

Trending

Subs Post Terbaru

Masukkan Email Anda Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Peduliayam!

Bergabung dengan 43 pelanggan lain

To Top