Connect with us

Mengobati Penyakit Ngorok Ayam Aduan

Mengobati Penyakit Ngorok Ayam Aduan

Penyakit Dan Pengobatan

Mengobati Penyakit Ngorok Ayam Aduan

Penyakit ngorok pada ayam aduan merupakan salah satu penyakit yang bisa terjadi diakibatkan oleh infeksi bakteri pada skema pernapasan ayam aduan kita. Penyakit ngorok termasuk juga sebagai penyakit yang beresiko tinggi dan kronis.

Penyakit ngorok dapat juga menyebar pada ayam yang lain dengan hitungan hari, jadi penyakit tersebut mesti diobati secara cepat dan tepat. Terdapat gejala pada ayam yang mengidap penyakit ngorok yang seperti terdengar bunyi suara seperti orang yang sedang ngorok dan ayam akan tampak pucat hingga ayam lebih banyak di kandang sebab staminanya yang mengalami penurunan.

Beberapa Penyebab Ayam Ngorok

Ayam aduan ngorok biasanya dikarenakan dari beberapa hal yang berkaitan erat pada infeksi virus, kondisi lingkungan dan tingkat kelembapan. Tentang dari beberapa permasalahan ayam ngorok karena dari amoniak dan kelembapan, berikut penuturannya:

Suhu dan Tingkat Kelembaban

Penyebab ayam ngorok yang di karenakan suhu atau kelembapan ini adalah yang sering berjalan. Suhu dan kelembapan yang kurang mendukung akan menyebabkan permasalahan faedah sinus dan organ pernafasan. Tentang suhu yang terunggul untuk ayam seputar pada 25 – 28ºC dengan kelembapan udara 60 – 70%.

Untuk anda yang kesulitan untuk mengukur suhu itu bisa dengan cara online dengan cara membuka website weather.yahoo.com. Namun waktu kelembapan udara itu tidak tepat karenanya dapat menyebabkan membran mukosa saluran pernapasan dan sinus jadi kering. Sampai miliki kekuatan pada mengembangnya atau masuknya bibit penyakit.

Amoniak Pada Kandang

Amoniak ini mempunyai kandungan yang dapat di temukan di kotoran ayam aduan. Kotoran ayam yang lembab dan encer akan miliki kekuatan naiknya kandungan amoniak itu. Salah satu penyebab ayam ngorok karena dari naiknya kandungan amoniak tersebut terhirup oleh ayam.

Serta menyebabkan iritasi pada saluran pernafasan sehingga menyebabkan rusaknya pada beberapa sel di saluran pernafasan yang akan mempermudah kembangnya virus yang terikut oleh udara. Itu yang menyebabkan saluran pernafasan jadi rusak sampai bunyi ngorok itu dapat kita dengar.

Infeksi Penyakit

Tipe penyakit yang dapat menyebabkan ayam ngorok di bagi menjadi beberapa jenis, dan semua jenis penyakit yang menyebabkan ayam ngorok ini mempunyai perbedaan metode pengobatannya. Berikut beberapa jenisnya :

  1. CRD dan CRD kompleks. Penyakit ini adalah yang sering berjalan pada ayam namun bukan penyakit yang mematikan.
  2. Korisa. Penyakit ini karena oleh ada bakteri Haemophilus paragallinarum atau Avibacterium paragallinarum yang akan di tandai dengan pertanda seperti; muka abuh dan mata berair.
  3. ILT ( infeksius laryngo tracheitis ). Penyakit ini menyerang dibagian tubuh ayam khususnya pada batang tenggorok ( trakea ) yang akan di tandai dengan beberapa ciri ayam bernapas dengan mulut terbuka sekalipun menjulurkan lehernya.
  4. AI, IB dan ND. Ayam yang terserang penyakit ini akan mempunyai pertanda seperti batuk, mengeluarkan lendir, ngorok dan sulit bernafas.

Mengobati Penyakit Ngorok Ayam Aduan

Penyembuhan Tradisionil Untuk Penyakit Ayam Ngorok

Janganlah cemas untuk anda yang mengalami hal ini, kami peduliayam akan memberikan sebuah langkah tepat untuk anda dalam mengatasi ayam aduan yang mengidap penyakit ngorok.

Berikut ini kami selaku pihak peduliayam, akan memberikan 3 jenis pengobatan penyakit ngorok pada ayam aduan yang bisa dilakukan dengan bahan alami.. hayu di simak gan

Bawang Putih

Bawang putih termasuk juga obat ayam ngorok tradisional yang banyak dijumpai kemujarabannya dalam turunkan persoalan pernapasan ayam. Bawang putih yang diparut, lantas diambil sarinya, untuk lantas diberikan pada ayam yang menderita sakit ngorok. Bukan sekedar mengobati ngorok, sari bawang putih yang diberikan pada ayam juga sudah teruji bermanfaat pula menjadi obat cacing dan obat untuk naikkan nafsu makan ayam aduan.

Daun Sirih

Diantaranya obat ayam ngorok yang begitu tenar dan banyak dijumpai pehobi ayam saat ini adalah daun sirih. Resep ini dibikin dengan merebus 5 helai daun sirih merah akan lebih bagus dalam 1 gelas air bersih. Lantas air rebusan itu disaring dan campur air perasan dari 1 buah jeruk nipis ke dalamnya. Obat tradisional ini lalu diberikan pada ayam yang ngorok saat kondisi masih hangat. Dosis yang digunakan adalah 2 kali sehari, di pagi hari dan sore hari.

Tanaman Getehan

Pehobi ayam aduan daerah Sengkang, Sulawesi selatan. Sering menggunakan tanaman getehan untuk mengobati persoalan ngorok pada ayamnya. Tanaman getehan sendiri adalah seperti tanaman perdu yang tumbuh di semak belukar. Buahnya merah kecil dan berdaun lebar.

Obat ayam aduan tradisionil yang satu ini demikian ampuh dan mujarab sekali. Umumnya beberapa botoh ajab menmberikan waktu sore hari, ngorok pada ayam akan sembuh saat pagi harinya. Walaupun begitu, tanaman yang satu ini cukuplah sulit diketahui, hingga untuk beberapa orang tidak dapat memakai tanaman itu untuk menyembuhkan ayam aduan terserang penyakit ngorok itu.

Tanaman getehan yang digunakan jadi obat ngorok adalah buahnya. Buah yang sudah masak ( berwarna merah) ditumbuk lantas diambil sarinya untuk lantas diminumkan pada ayam yang sakit. Jika tidak langsung sembuh, ulangilah pemberian ramuan ini masing-masing 1 hari sekali, di malam hari.

Nah itulah informasi yang mungkin berguna untuk anda yang sebagai penggemar ayam aduan dan juga seorang peternak ayam.. Berakhir juga artikel peduliayam. Nantikan artikel lainnya dari kami, terima kasih.

Continue Reading
2 Comments

2 Comments

  1. Pingback: Jenis Penyakit Berbahaya Ayam Laga Dan Cara pengobatan - PeduliAyam

  2. Pingback: Fakta Terbaru Mengenai Manfaat Buah Mengkudu Untuk Ayam Adu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Penyakit Dan Pengobatan

Advertisement banner ads ads taruhanslot.club banner pakan ayam banner bv banner agencockfight

Trending

Subs Post Terbaru

Masukkan Email Anda Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Peduliayam!

Bergabung dengan 49 pelanggan lain

To Top